Tim kami akan segera membantu anda.
  • Posted by: Novela Sadigit

sadigit – Sistem dibangun berguna untuk mempermudah manusia yang menggunakanya di berbagai bidang termasuk bisnis dengan memberikan dukungan untuk memaksimalkan proses pemasaran, pelayanan maupun produksi.

Jika sebelumnya untuk mendapatkan pelayanan sistem antrian masih manual dengan antrian yang panjang. Saat ini sudah didesain sistem yang mampu untuk memanajemen antrian sehingga memudahkan pelayanan dan lebih menertibkan pengunjung, yaitu mesin antrian. Mesin antrian dapat mempermudah kerja dari customer service, selain memanajemen dalam sistem juga akan merecord aktivitas antrian pengunjung.

Sasaran Mesin Antrian

Siapa saja dapat menggunakan mesin antrian ini mengingat banyaknya nilai positif  dari alat ini. Penggunaan sistem antrian khususnya pada perusahaan profit maupun non-profit, milik negara ataupun swasta yang menuntut pelayanan prima pada setiap pengunjungnya. Mesin antrian pun dikembangkan dengan berbagai jenis untuk diterapkan dalam berbagai bentuk pelayanan, seperti :

  1. Perbankan
  2. Rumah Sakit
  3. Service Center
  4. Kantor Pelayanan Pajak (KPP)
  5. Samsat
  6. Perizinan
  7. Klinik
  8. Puskesmas
  9. dan masih banyak lagi

Cara Kerja Mesin Antrian

Cara kerja dari mesin antrian sangatlah mudah untuk membantu para pengunjung mendapatkan pelayanan yang diharapakan.

– Dimulai dari pertama pengunjung datang pada sebuah service center, akan disambut oleh mesin antrian setelah pintu masuk untuk mengambil nomor antrian. Nomor antrian yang dimiliki mesin antrian dalam berbagai jenis seperti tablet PC, atau LCD touchscreen yang masing-masing memiliki keunggulan. Setelah mendapatkan nomor antrian dari mesin antrian, selanjut pengunjung menunggu giliran untuk dipanggil berdasarkan nomor antrian. Untuk memanggil, pihak pelayanan menggunakan software caller yang di instal pada masing-masing PC atau smartphone disetiap meja pelayanan.

Alat pemanggil dalam mesin antrian dikembangkan dalam bentuk software caller dan android. Pemanggil lain yaitu software caller, berupa aplikasi terinstal pada PC yang tersedia disetiap meja pelayanan. Dengan menggunakan software caller ini memudahkan pelayanan, karena tidak memerlukan item tambahan untuk dimeja pelayanan yang mengakibatkan mengurangi ruang di meja kerja. Tipe pemanggil lain yaitu menggunakan android, dengan tipe ini diharapkan memberikan kesan lebih bonafit sehingga memiliki kesan perusahaan besar yang mengusung teknologi guna memaksimalkan pelayanan.

Setelah pemanggil menjalankan tugasnya untuk memanggil nomor antrian, selanjutnya tugas dari display untuk menampilkan secara visual nomor antrian selanjutnya dan voice untuk memanggil nomor antrian. Untuk menampilkan nomor antrian menggunakan TV LCD dengan didukung software multimedia, sehingga tampilan nomor antrian dapat dimasukkan animasi atau video supaya lebih menarik. Dengan dukungan software multimedia layar LCD selain menampilkan nomor antrian juga bisa menampilkan slide show gambar, video, berita dari suatu website, animasi flash dan masih banyak lagi. Untuk mengurangi human error dari pengunjung maka voice memiliki tugas selanjutnya, jadi selain secara visual maka perlu adanya notifikasi secara audio. Dengan bantuan fitur voice ini akan membantu untuk memberi peringatan kepada pengunjung, sehingga lebih mudah mengetahui giliran mendapatkan pelayanan.

Author: Novela Sadigit

Leave a Reply