Tim kami akan segera membantu anda.

sadigit.co.id – Sistem Tax Resto disesuaikan dengan UU N0. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD), pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan Daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pembagian pajak daerah dibagi berdasarkan jenis pajak provinsi dan kabupaten. Pajak kabupaten/kota terdiri dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

Pajak daerah yang dipungut setiap jenis pajak berbeda dasar tarif. Salah satu objek pajak yang banyak dipungut oleh pemerintah daerah yaitu pajak restoran. Pajak restoran dikenai tarif pajak 10% dari dasar pengenaan pajak. Besaran pokok Pajak Restoran yang terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif dengan dasar pengenaan pajak. Pajak Restoran yang terutang dipungut di wilayah daerah tempat restoran berada.

Pengelolaan pajak restoran di daerah kurang terkelola dengan baik, baik dari wajib pajak atau objek pajaknya dan instansi. Bagi wajib pajak dalam transaksi dan pelaporan pajak restoran tidak terdata dan tidak ada laporan sehingga pemungutan pajak daerah restoran tidak sepenuhnya terlaporkan. Begitu juga dengan instansi yang mengelola pajak daerah, kesulitan dalam memonitoring pendapatan dari pajak daerah restoran yang diterima. Dari permasalahan yang ada, diperlukan sistem yang saling terintegrasi dari wajib pajak dengan pihak pengelola pajak daerah. Sistem yang dapat mengatasi perpajakan daerah restoran yaitu Sistem Tax Resto Enterprise.

Sistem Tax Resto Enterprise ini, wajib pajak restoran tidak perlu lagi menggunakan tapping box sebagai alat perekam pajak dari transaksi. Tax resto enterprise yang digunakan oleh wajib pajak sistemnya point of sale, terdapat fitur penjualan transaksi yang sudah otomatis terdapat fitur potongan pajak dengan tarif 10% dan terekam oleh instansi pengelola pajak.

Bagi instasi pengelola pajak daerah resto dapat memonitoring pajak dari wajib pajak atau objek pajak per harian dari jumlah wajib pajak/objek pajak yang terdaftar berstatus aktif.